Sulitnya Mencari Pegawai (Penjahit / Bordir) di Butik

seperti sudah dibahas sebelumnya tentang kelebihan jahitan butik dibanding konveksi / abragan, penjahit butik memang harus punya otak lebih dibanding penjahit konveksi.
bukan maksudnya merendahkan para penjahit konveksi, tapi memang benar apa kata para penjahit yang pernah atau sedang menjadi pegawai kami.

penjahit konveksi tidak harus banyak mikir, yang penting dia menjahit dengan bahan yang disediakan, bagian dia (menjahit) apa, dia laksanakan, beres. Seringkali penjahit konveksi kurang memperhatikan kesesuaian dan konsistensi ukuran. Misal, 2 potong baju dengan model dan ukuran yang sama, bisa berbeda ukuran real nya. Atau ukuran sepotong baju hasil jahitan konveksi, bisa jadi lingkar ketiak sebelah kanan berbeda ukuran dengan lingkar ketiak yang sebelah kirinya.

penjahit butik tidak bisa seperti itu. penjahit butik harus memastikan, lagi dan lagi, pada setiap tahap pengerjaan jahitan, apakah kerjaannya benar, apakah tahap selanjutnya seperti ini, seperti itu.
penjahit butik tidak akan bisa asal kerja, tapi harus ikut berpikir apa tujuan akhir desain yang sedang dia kerjakan. bahannya apa, bahan kelengkapan (furing, benang, kancing, kain keras, obrasan dan lain-lain) harus dipastikan cocok betul, tidak bisa asal comot saja. Cocok bahannya, cocok warna nya, cocok ukurannya, dan cocok dengan permintaan.
itulah sebabnya mengapa kualitas jahitan butik biasanya jauh lebih rapi dan terjaga kualitasnya bila dibandingkan dengan jahitan konveksian. itulah pula sebabnya mengapa harga jahitan butik tidak semurah harga jahitan konveksi.

sama saja dengan tukang bordir. seperti yang telah dibahas sebelumnya, bordir yang kami buat bukan menggunakan mesin bordir komputer, namun dikerjakan dengan (mesin) tangan, desain hingga penngerjaan bordirnya menggunakan tangan (hand made).
tahapan yang tidak pernah kami lewati adalah sampling. membuat sampel. setiap membuat desain bordir baru, warna baru, pembordir pasti membuat sampel terlebih dahulu. pada bahan yang nantinya dikerjakan, menggunakan benang dengan warna yang nantinya akan diaplikasikan. pada bordiran yang dibuat dengan komputer, tahap desain dan sampling bisa dilaksanakan dengan mudah menggunakan komputer, namun kami tidak semudah itu.

pengalaman yang kami rasakan adalah.. memang lebih sulit mencari pegawai untuk penjahit / bordir di butik.
sering kami sharing dengan pengusaha / pegawai konveksi. mencari penjahit memang susah susah gampang, tapi yang lebih susah lagi adalah mencari penjahit untuk bekerja di butik. karena menjadi penjahit di butik harus ikut mikir. tanggung jawabnya lebih besar. apalagi sering ada peraturan tambahan, dilarang merokok pada jam kerja. merokoklah sebelum masuk kerja, jam istirahat, dan jam pulang, di luar ruang jahit. seperti yang kami terapkan di workshop kami.

pernah beberapa kali kami membuka lowongan pekerjaan untuk penjahit. tidak pernah secara resmi memasang iklan lowongan kerja di koran atau di media lain, memang.. kami biasa mencari pegawai melalui rekomendasi dari penjahit yang pernah atau sedang bekerja pada kami. kami juga biasa mencari rekomendasi kepada rekanan-rekanan kami. tetapi ya itu tadi, sulit mencari penjahit yang siap kerja (dengan kualitas) di butik. kebanyakan mereka mau bekerja sebagai penjahit, tapi di perusahaan konveksi, bukan butik.

semua pekerjaan memang selalu ada tantangannya. pengelola butik tantangannya adalah kesulitan mencari penjahit yang rapi, teliti dan bertanggung jawab.. penjahit butik tantangannya adalah harus kerja lebih rapih, teliti dan sambil mikir.. penjahit konveksi tantangannya adalah pekerjaannya dihitung borongan, sehingga kerja harus cepat. tinggal bagaimana kita mengoptimalkan kelebihan yang kita miliki dan meminimalkan kekurangan yang ada.

Posted on June 28, 2013, in Tentang Kami and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: